Kamis, 17 November 2011

ALAT-ALAT YANG DI PERLUKAN UNTUK MEMBERSIHKAN AC (AIR CONDITIONER)

Untuk pekerjaan perawatan peralatan Ventilasi Udara pada AC diperlukan beberapa peralatan kerja dengan kondisi yang baik. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengalami kesulitan ketika melakukan pekerjaan. Jenis atau macam peralatan kerja tersebut antara lain berupa :

 
A.   Tang
      Tang merupakan alat penting mengingat macam dan ketepatgunaan kerja dalam  penggunaan tang ini, maka dibuat beberapa jenis. Jenis tang disesuaikan secara khusus dibuat untuk satu jenis atau lebih macam pekerjaan saja. Tang untuk pekerjaan perawatan dan pemeliharaan listrik yang penting adalah:
-          Tang Kombinasi: untuk keperluan memegang, memuntir dan memotong.
-          Tang Potong: digunakan untuk memotong kawat/bahan lain yang lunak.
-          Tang Bulat: untuk keperluan pembulat pada kawat pada pekerjaan
      instalasi listrik
-          Tang lancip: untuk keperluan memegang benda-benda kecilyang sulit
      dipegang tangan terlebih bila dipasang pada ruang yang sempit, misal
      mur, sekrup, ring dan sebagainya.

 
B.   Obeng
Obeng digunakan  untuk memasang, mengencangkan dan melepas atau membuka paku  sekrup ketika melakukan perbaikan maupun perawatan AC. Obeng terdiri dari tiga bagian pokok yakni: pegangan, batang dan mata/ujung obeng. Biasanya obeng yang sering digunakan adalah jenis obeng kembang (+) dan obeng minus/pipih (-). Ukuran obeng disesuaikan dengan standar kepala baut yang ada.

C.   Kunci L
Kunci L digunakan untuk membuka baut berkepala persegi enam yang menjorok ke dalam. Umumnya baut-baut tersebut berukuran kecil. Disebut kunci L karena bantuk kunci ini menyerupai huruf L.

D.   Kunci Pas dan Kunci Inggris
Kunci pas digunakan untuk melepas dan memasang mur atau baut. Ukuran yang digunakan biasanya beragam dan penggunaannya disesuaikan dengan kondisi di lapangan, sedangkan kunci inggris serupa dengan kunci pas; kegunaannya yaitu untuk membuka mur-baut. Bedanya kunci inggris bisa digunakan untuk segala jenis ukuran mur-baut sampai batas maksimumnya.

E.   Pompa Steam (Air Cleaner)
Pompa steam digunakan ketika melakukan perawatan AC/ventilasi udara. Peralatan ini berfungsi menyemprotkan air bertekanan tinggi untuk membersihkan komponen evaporator, filter udara dan kondensor. Biasanya setelah tiga bulan pemakaian AC maka debu atau kotoran akan menempel pada bagian evaporator dan kondensor.Jika tidak dibersihkan akan berakibat pada penurunan kerja AC, missal; suhu ruangan yang tidak dingin bahkan bisa menyebabkan kerusakan kompresor karena dipaksa terus bekerja. Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut selang penyedot (masukan pompa steam) dicelupkan ke dalam air, selanjutnya air bertekanan tinggi akan keluar dari bagian outlet.

F.   Plastik pelindung
Plastik pelindung digunakan ketika membersihkan atau mencuci bagian indoor, yang berfungsi untuk menjaga agar cipratan air steam tidak merusak atau mengotori perabot yang lain serta untuk melindungi rangkaian elektronik (PCB indoor) AC.

G.   Service Manifold
Service  manifold sering disebut juga system analyzer, charging and testing unit, test  gauge set, gauge manifold  atau manifold saja. Berfungsi untuk memeriksa  tekanan dan vakum, mengisi dan membuang bahan pendingin dan minyak kompresor pada sistem. Service manifold terdiri dari : meter   ganda dan meter tekan, dua buah kran yang disatukan dan tiga buah slang isi dengan tiga warna yang belainan.  Meter ganda untuk mengukur vakum dan tekanan  pada sisi tekanan rendah. Meter ganda mempunyai mempunyai dua skala tekanan di atas  dan di bawah atmosfir. Di bawah atmosfir 0-30 in Hg vakum dan di atas atmosfir 0-200 psig. Meter tekan untuk mengukur sisi tekanan tinggi dari sistem, mempunyai batas  tekanan 0-500 psig. Selain menunjukkan tekanan dalam psig juga dapat menunjukkan besarnya suhu penguapan bahan pendingin dalam Fahrenheit.

                  
Gambar 3.  System Analyzer
H.   Pompa Vakum
Pompa vacuum digunakan untuk membuat system pendingin hampa udara sebelum diisi refrigerant.Pemvakuman mutlak harus dilakukan sebelum melakukan pengisian refrigerant.Penggunaan pompa vacuum ini lebih mudah mengondisikan system pendingin menjadi hampa udara. Untuk membuat vakum sistem refrigersi sebelum diisi dengan bahan pendingin. Pompa vakum harus dipilih yang baik yang dapat mengeluarkan semua gas, udara, dan uap air dari sistem dalam beberapa micron dari vakum mutlak. Pompa vakum yang sederhana berbentuk  hermetic dengan pompa rotary, dari 1 fase, 110 atau 220 Volt. Pompa vakum yang besar, pompa dan motor penggeraknya terpisah dan dihubungkan melalui puli dengan  tali kipas (V belt) atau dikopel langsung.
                               
Gambar 4. Pompa Vakum

I.   Tang Ampere (Clamp Tester)
Tang ampere digunakan untuk mengukur arus listrik pada saat melakukan perawatan atau perbaikan AC. Untuk mengukur arus listrik caranya cukup masukkan salah satu kabel (positif atau negative) ke dalam mulut tang ampere. Lihat hasil yang terukur pada skala tang ampere.
Tang ampere juga bisa digunakan untuk mengetahui tekanan refrigerant di dalam system pendingin. Nilai arus listrik yang terukur pada tang ampere bisa digunakan sebagai patokan tekanan refrigerant di dalam system. Mengukur hambatan harus terbebas dari sumber tegangan. Sebelum mengukur  hambatan jangan lupa hubungan listrik harus dilepas terlebih dahulu. Tusukkan kabel yang ada batu baterainya kepada ampere-tang. Jika ujung yang lain dari kabel tersebut dengan ujung merah dilekatkan, jarum penunjuk skala harus menunjuk 0 Ohm (tidak ada hambatan). Apabila jarum tidak menunjuk 0  Ohm, penunjuk jarum harus diputar sampai jarum menunjuk 0. Setelah itu baru ohmmeter dapat mulai dipakai. Ohmmeter  banyak dipakai untuk mengukur hubungan kabel dalam suatu rangkaian listrik, mengukur hambatan listrik, untuk mencari terminal C, S, dan R dari motor listrik.
Gambar 5. Tang-Ampere

J.    Thermometer
                                    Untuk mengukur suhu di dalam lemari es atau freezer dipakai thermometer yang mempunyai bulb dengan pipa kapiler yang panjang. Hanya bulb saja yang diletakkan di dalam lemari es, sedang suhunya dapat dibaca dari luar. Thermometer model paku dapat ditusukkan ke dalam tempat yang sempit, ditusukkan ke dalam daging untuk mengukur suhu bagian dalam dari daging tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar